Assalamu'alaikum wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita semua,
Pada postingan kali ini saya akan menjawab soal UAS ERP point 2 yaitu Skenario Modul Ecommerce, Gitbook, Slack/WA/Email dan Membuat Video di Youtube.
Modul yang saya dapat adalah modul E-commerce sehingga saya membuat skenario transaksi oleh pembeli yang menggunakan sistem ecommerce pada website PT. BANK OPTIMIS.
Langsung saja kita simak skenario transaksinya :
A. Skenario Transaksi
PT. Bank Optimis
memiliki bisnis dibidang jasa kesehatan yakni Rumah Sakit. Pada rumah sakit
tersebut sudah menerapkan sistem ERP yang menggunakan Odoo. Saya akan membuat
skenario transaksi pada modul saya yakni modul E-Commerce. Ada beberapa produk
yang dijual oleh Rumah Sakit Bank Optimis seperti suntikan, alat infus dan
obat-obatan. Berikut skenario transaksinya.
Budi seorang
pelajar menderita penyakit demam berdarah, dia dirawat selama 4 hari di rumah
sakit bank optimis. Pada hari ke-5 Budi diperkenankan pulang kerumah untuk
beristirahat, namun Budi kehabisan obat yang biasa ia konsumsi dirumah sakit.
Obat tersebut bernama “Remufit”. Karena Rumah Sakit Bank Optimis sudah
menerapkan sistem ERP dan memiliki Sistem E-commerce Budi meminta kepada
kakaknya yang bernama Dodi untuk membeli obat “Remufit” tersebut melalui
website rumah sakit tersebut. Budi membutuhkan sedikitnya 2 kotak obat
“remufit” untuk beberapa hari kedepan.
Dodi langsung
mengunjungi website Bank Optimis tersebut.
Kemudian Dodi
langsung memilih barang yang ingin ia beli pada website tersebut. Dalam kasus
ini Dodi ingin membeli obat Remufit untuk adiknya yaitu Budi yang sedang
mengalami sakit DBD.
Setelah Dodi
memilih item yang ingin ia beli, disana ada keterangan harga satuan dari obat
Remufit
tersebut. Karena Adiknya membutuhkan 2 kotak maka ia mengubah quantity
menjadi 2 pcs.
Dodi langsung
memilih add to cart kemudian melihat total biaya yang harus dibayar. Karena
harga satuan dari obat Remufit adalah Rp. 21.500 Dodi harus membayar Rp. 43.000
untuk 2 pcs.
Kemudian Dodi
mengisi identitas diri, tempat tinggal, nomor handphone dan sebagainya untuk
keperluan pengiriman item tersebut.
Setelah data
terisi lengkap Dodi mendapat validate order yang berisi data item yang ingin ia
beli, total yang harus dibayar dan informasi pembayaran. Selanjutnya dodi
langsung membayar item tersebut via Transfer.
Setelah
Dodi membayar, ia langsung mendapat konfirmasi dari sistem atas permintaan item
tersebut.
Dodi
hanya tinggal menunggu item tersebut dikirimkan ke alamat yang sudah ia isi.
Pada sistem
E-commerce Bank Optimis, akan diterima sebuah quotation yang telah diisi oleh
costumer pada kasus ini Dodi Wijaya adalah costumernya. Quotation tersebut
nantinya akan diproses oleh penanggung jawab pemegang modul Sales. Bisa kita
lihat quotation dari Dodi sudah masuk dan siap di followup oleh team sales.
Beberapa hari
kemudian Budi mendapat kiriman obat yang telah dipesan oleh kakaknya via
website Bank Optimis tersebut. Budi bersyukur karena Rumah Sakit tempat ia
dirawat memiliki sistem E-commerce yang memudahkan costumernya membeli obat
secara online sehingga tidak perlu repot-repot dating ke Rumah Sakit tersebut,
apalagi dengan jarak yang cukup jauh dari tempat tinggal Budi.
B. Gitbook
Untuk link Gitbook saya dapat di akses pada link berikut : Gitbook Bank Optimis
pada gitbook tersebut terdapat semua tugas yang berkaitan dengan PT. BANK OPTIMIS.
C. Slack/WA/Email
Untuk skenario transaksi diatas menggunakan fasilitas E-mail, tujuannya agar terlihat lebih formal dan dapat disimpan sebagai record. berikut screenshoot dari pertanyaan dari costumer sebelum memulai transaksi e-commerce pada website RS. BANK OPTIMIS.
D. Video di Youtube
Berikut adalah link video di Youtube yang menjelaskan alur skenario transaksi di atas :
https://youtu.be/pQpDxual8-4
https://youtu.be/pQpDxual8-4
Sekian dulu postingan saya kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman yang membaca, Terimakasih sudah mengunjungi blog saya, sampai jumpa pada postingan selanjutnya :)
Salam,
Megurine
Tidak ada komentar:
Posting Komentar