Salam sejahtera bagi kita semua,
Lanjut pada blog kelompok ke-3 http://bop-uperp7.blogspot.co.id/ milik PT Bank Optimis (Persero) Tbk. Sangat disayangkan saya masih tidak menemukan modul e-commercenya, mungkin dikarenakan pada saat pembagian kelompok kebetulan saya mendapat perusahaan yang fokus dibidang jasa financial & perbankan, selain itu pada pembagian modul saya mendapat modul e-commerce sehingga cukup sulit untuk mendapatkan pembahasan e-commerce pada blog-blog kelompok yang bergerak dibidang perbankan. Hmm, tapi tidak perlu kawatir, mungkin saya akan sedikit mereview departemen purchasing pada perusahaan tersebut.
Dalam blog tersebut, Departemen Purchasing dibagi menjadi 3 bagian yaitu bagian Inventory Control, Buyer, dan Vendor Management. Nah kira-kira apa saja sih fungsi dari masing-masing sub bagian pada departemen purchasing tersebut?
Bagian Inventory Control
Fungsi dari bagian Inventory Control pada departemen purchasing diantaranya adalah melakukan pemesanan barang untuk barang-barang yang consumable. Selanjutnya bagian tersebut juga akan menerima barang yang di pesan oleh perusahaan tersebut. Bukan hanya melakukan pemesanan dan menerima barang yang dipesan, fungsi utama dari bagian Inventory Control adalah mengontrol jumlah stok barang yang ada secara terperinci. Hal ini dapat membantu dalam pengawasan barang yang ada dalam pada perusahaan.
Bagian Buyer
Bagian yang sangat identik dengan Purchasing yakni bagian pembelian. Bagian buyer sudah pasti berfungsi sebagai bagian yang melakukan pemesanan barang, dalam kasus ini bagian buyer juga perlu mencari referensi Vendor untuk turut serta dalam tender (pengajuan quotation). Bukan hanya itu, bagian buyer juga perlu melakukan komparasi harga secara berkala kepada supplier/vendor dalam rangka mencari harga yang paling sesuai dengan kualitas barang dan layanan dari vendor tersebut.
Bagian Vendor Management
Ternyata pada departemen purchasing perusahaan tersebut ada bagian Vendor Management, Bagian ini bertugas dalam mengawasi barang yang dipesan, bagian Vendor Management juga akan memberikan reward/punishment terhadap vendor yang berprestasi/bermasalah. Selain dari ke-2 fungsi itu, bagian Vendor Management juga akan memberikan rekomendasi kepada bagian buyer untuk mencari vendor lain ketika ada vendor yang bermasalah.
Mungkin itu sedikit yang bisa saya review terkait departemen Purchasing pada perusahaan tersebut.
apabila teman-teman ingin mengetahui hal lainya, silahkan kalian kunjungi langsung blognya pada link di atas :) semoga dapat bermafaat. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.
Salam,
Megurine
Tidak ada komentar:
Posting Komentar