Assalamu'alaikum wr.wb.
Salam sejahtera bagi kita semua
Nah pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mereview blog dari teman-teman lain yang sudah mempelajari seputar ERP ini.
Blog pertama yang saya review adalah blog milik Mega Fridayanti dengan nick Sandy Cheeks http://sandy-uperp20142.blogspot.co.id/ untuk lebih jelasnya yuk langsung kita review bersama.
Pada blog tersebut penulis menjelaskan tentang transaksi antara 2 perusahaan yaitu PT BMS dengan PT LFA dimana transaksi tersebut merupakan kegiatan pembelian yang dilakukan oleh PT BMS kepada PT FLA (Sales & Purchase).
Transaksi yang dilakukan pada kasus tersebut adalah pembelian sejumlah CPU yang dibeli dari PT Flaminggo.
Nah disini saya akan sedikit menjabarkan apasaja langkah-langkah yang dilalui pada proses transaksi tersebut dari awal hingga barang tersebut sampai ketangan pembeli.
1. Request for Quotation
Langkah ini ditujukan agar si pembeli mengetahui dan dapat memastikan spesifikasi barang yang ingin dibeli beserta harga terupdatenya. Request ini sudah pasti dilakukan oleh pembeli kepada si penjual.
2. Quotation
Nah, setelah ada permohonan, si penjual akan segera memberikan quotation kepada si pembeli dengan tujuan agar pembeli bisa mengkonfirmasi barang & harga yang akan dipilih.
3. Purchase Order (PO)
Setelah menerima quotation, pembeli akan menerbitkan PO kepada si penjual.
3. Konfirmasi Order
Pihak penjual akan segera mengkonfirmasi pesanan yang dikirim oleh si pembeli.
Penjual akan memberikan estimasi waktu barang sampai serta berapa yang harus dibayar oleh si pembeli.
4. Pengiriman Barang
Proses lanjutan setelah adanya konfirmasi order, artinya si penjual telah mengirimkan barang yang dipesan kepada si pembeli.
5. Delevery Order
Laporan pengiriman yang dibuat oleh si penjual kepada si pembeli.
6. Good Receipt Notes
Setelah barang diterima oleh si pembeli, pihak pembeli segera membuat Good Receipt Notes untuk si penjual sebagai dasar untuk pembuatan Invoice.
7. Invoice.
Setelah pihak penjual menerima laporan barang diterima oleh si pembeli, barulah si penjual membuat penagihan terhadap barang yang sudah dikirim tersebut.
8. Pembayaran
Dikarenakan pihak penjual sudah memberikan invoice kepada si pembeli. Pihak pembeli harus melakukan pembayaran sesuai biaya yang sudah ditentukan, dan selesai sudah transaksi tersebut ^ ^
Untuk melihat proses transaksi secara jelas teman-teman bisa mengakses link berikut :
https://www.dropbox.com/s/xvgbntjvj9vbhc1/Transaksi%20Individu%20PT%20BMS%20dan%20PT%20FLA.pdf?dl=0
Semoga hasil review yang saya lakukan dapat membuka sedikit gambaran terkait proses transaksi yang biasanya kita lakukan antar perusahaan.
Mohon maaf jika banyak kekurangan dan keterbatasan. Saya sangat membutuhkan kritik, masukan & koreksi dari teman-teman pembaca apabila dari penjelasan saya diatas ada yang salah/keliru. Terimakasih dan semoga bermanfaat ^^
Salam,
Megurine
Tidak ada komentar:
Posting Komentar